#LawanCOVID19 #AmanDiRumah #BersatuLawanCovid19

8 Hal yang Harus Dipersiapkan Jika Indonesia Lockdown Akibat Corona

8 Hal yang Harus Dipersiapkan Jika Indonesia Lockdown Akibat Corona
Ilustrasi Corona | Photo by Indra Fauzi/kumparan

Kasus positif corona di Indonesia melonjak menjadi 686 Kasus di 24 Provinsi, dan terus bertambah di setiap harinya. Hal tersebut menyebabkan sebagian besar masyarakat Indonesia mempertanyakan bagaimana solusi pemerintah dalam menghadapi hal ini. Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengimbau warga untuk menerapkan social distancing sebagai solusi untuk mencegah adanya persebaran virus corona lebih lanjut, yakni dengan memberlakukan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.

Namun ternyata, sebagian besar rakyat dan netizen Indonesia meminta Presiden Jokowi untuk melakukan lockdown layaknya yang dilakukan di Italia dan Wuhan. Permintaan tersebut viral melalui hashtag #LockDownIndonesia yang selama beberapa hari ini sempat menjadi trending topic di Twitter.

Lockdown ini diharapkan mampu mengurangi penyebaran virus corona antar satu sama lain. Walau begitu, Jokowi sendiri mengungkapkan bahwa pemerintah belum terpikir untuk melakukan lockdown.

Nah, jika seandainya lockdown akan diberlakukan ke depannya di Indonesia, kira-kira hal apa saja, sih, yang harus dipersiapkan untuk menghadapinya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Dana Darurat

Dana Darurat
Ilustrasi manajemen keuangan keluarga | Photo by Nugroho Sejati/kumparan

Lockdown sendiri artinya adalah kebijakan untuk mengunci serta menutup akses masuk maupun keluar dari suatu daerah. Yang harus diperhatikan, kebijakan lockdown juga harus dibarengi dengan adanya jaminan berbagai kebutuhan, seperti suplai makanan, kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Salah satu hal penting lainnya ialah menyediakan dana darurat sekiranya ada keperluan mendesak. Ada baiknya untuk menyisihkan setidaknya 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan. Jumlah tersebut merupakan hitungan aman apabila seseorang membutuhkan biaya cepat.

2. Bahan Makanan

Bahan Makanan
Ilustrasi mkanan kaleng | Photo by Pexels

Meskipun toko-toko yang menyediakan kebutuhan dasar seperti apotek dan toko makanan tetap buka, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan bahan makanan cadangan di rumah.

Bahan makanan yang kalian sediakan ini bisa mulai dari bahan makanan mentah yang bisa diolah sendiri hingga makanan kaleng maupun makanan instan. Siapkan makanan-makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh seperti sayuran dan buah.

Namun, tidak hanya makanan sehat, kalian juga bisa mempersiapkan makanan ringan yang kalian sukai. Apabila kalian termasuk pecinta kopi atau teh, tidak ada salahnya untuk menyediakan stok untuk minuman tersebut.

Dalam hal berbelanja bahan makanan, yang perlu kalian perhatikan adalah jangan belanja berlebihan dan belilah sesuai keperluan saja. Jika kalian belanja berlebihan, kalian akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam supply dan demand, sehingga harga barang jelas akan melonjak dengan cepat dan barang akan menjadi langka dalam waktu sekejap.

Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan kalian, pikirkanlah juga keadaan orang lain yang membutuhkan bahan makanan untuk keperluan hidupnya sehari-hari.

3. Tetap Menjaga Komunikasi

Tetap Menjaga Komunikasi
Tetap menjaga komunikasi | Photo by Pexels/Andrea Piacquadio

Walau kalian berada dalam rumah masing-masing, jangan lupa untuk terus melakukan komunikasi baik dengan teman, rekan kerja, dan perusahaan mengenai hal apa yang harus kalian ketahui.

Kalian bisa melakukan video call dengan teman atau keluarga, bertukar pesan, atau saling mengirimkan video-video lucu agar tidak bosan dan menjaga komunikasi agar tetap berjalan. Kirimkan kalimat-kalimat positif kepada orang lain untuk saling menguatkan dan memberikan energi positif agar tetap tenang di situasi seperti ini.

Selain itu, pastikan juga ketika kalian menerima informasi, cek kebenaran informasi tersebut sebelum membagikannya kepada orang lain. Di situasi seperti ini, hindari membuat orang lain panik dengan berita-berita hoaks yang mungkin saja tersebar.

4. Membersihkan Rumah dan Olahraga

Membersihkan Rumah dan Olahraga
Ilustrasi membersihkan rumah | Photo by Pexels/Gustavo Fring

Apabila diberlakukan lockdown, sudah jelas kalian akan berada di rumah hampir sepanjang waktu. Oleh karena itu, bersihkanlah rumah kalian agar terhindari dari berbagai penyakit dan terasa nyaman untuk ditinggali.

Selain itu, pastikan juga kalian tetap berolahraga ringan dari rumah. Ada banyak kanal YouTube yang memberikan informasi untuk berolahraga dari rumah, contohnya dengan melakukan yoga atau pilates.

5. Mempersiapkan Hiburan

Mempersiapkan Hiburan
Mempersiapkan hiburan | Photo by Pexels/Lisa Fotios

Diam di dalam rumah terus menerus tentu akan membuat kalian menjadi bosan. Jadi sebelum lockdown diberlakukan, pastikan kalian mempersiapkan hiburan yang cukup untuk melepaskan stres kalian.

Jika kalian suka membaca kalian bisa membeli buku yang sudah lama ingin kalian baca. Atau bagi kalian pecinta film atau drama korea, kalian bisa streaming di berbagai layanan yang tersedia.

Walaupun mungkin akan terlihat membosankan, gunakanlah juga waktu lockdown ini untuk beristirahat dan menenangkan pikiran dari hiruk pikuk kehidupan.

6. Carilah Tenaga Profesional Jika Dibutuhkan

Carilah Tenaga Profesional Jika Dibutuhkan
Carilah tenaga profesional jika dibutuhkan | Photo by Pexels/Andrew Neel

Berada dalam rumah terus menerus dan mendengar pemberitaan mengenai penyakit bisa membuat kalian lama kelamaan mengalami panik dan merasa cemas. Jika hal ini terjadi, kalian bisa menghubungi tenaga profesional yang ada melalui online atau telepon. Selain itu, mengutarakan rasa cemas kepada orang yang dipercaya juga bisa membantu meredarakan perasaan tersebut.

7. Bekerja Secara Efektif dari Rumah

Bekerja Secara Efektif dari Rumah
Bekerja secara efektif dari rumah | Photo by Pexels/Andrea Piacquadio

Anjuran untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) kini sudah mulai diberlakukan di beberapa perusahaan di Indonesia. Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah terdengar menyenangkan; bisa lebih bebas, tidak perlu mengenakan pakaian formal, dan terasa lebih santai.

Namun, untuk tetap menjaga tingkat produktivitas saat bekerja dari rumah, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan Salah satunya adalah atur jam kerja sebaik mungkin, jauhkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu pekerjaan, dan sebagainya.

8. Jaga Kesehatan

Jaga Kesehatan
Ilustrasi mencuci tangan | Photo by Pexels/Burst

Lockdown diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus semakin luas. Namun, walaupun berada di rumah hampir sepanjang hari, tidak ada salahnya untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan.

Cucilah tangan sesering mungkin, hindari menyentuh area wajah, yakni hidung, mata, dan mulut, serta terapkan etika batuk dan bersin sesuai anjuran. Upayakan untuk tidur yang cukup serta hindari melakukan kontak fisik dengan orang lain, seperti berjabat tangan ataupun berpelukan.

Stay safe, everyone!


Sumber - https://kumparan.com/ Editor : Karja

Add your comment